Karya Tulis 2009/2010
Kepada Siswa Prakerin yang telah menyelesaikan Prakerin dan dalam proses pengerjaan Karya Tulis diharapkan agar mengikuti ketentuan-ketentuan yang telah ada pada Buku Panduan Penulisan Karya Tulis. Untuk mendapatkan Logo, dapat mengunduh/download [disini].
Untuk mempermudah Proses Bimbingan, siswa dapat menghubungi sesegera mungkin ke Guru Pembimbing Materi Produktif & Pembimbing Bahasa/Teknis masing-masing mengenai:
1. Jadwal/Waktu Bimbingan.
2. Draft Karya Tulis.
3. Penentuan Materi Produktif dan Judul Karya Tulis.
4. Nama & Gelar Guru-Guru.
5. dll.
Untuk Guru Pembimbing Materi Produktif dan Bahasa Teknis, silahkan menghubungi Guru Pembimbing tersebut dan mengikuti ketentuan yang ada.
JADWAL BIMBINGAN TERJADWAL
No. | Nama Pembimbing | Jadwal | Waktu |
---|---|---|---|
1. | Rachmat Budi S., S.Kom | [klik disini] | |
2. | Tajudin Hasan, S.Pd | Sabtu & Minggu | |
3. | Sulistyo Nugroho, S.Pd | Setiap Hari | 09.00 s.d 15.00 |
4. | Murgiyono, S.Pd | Senin s.d Rabu | 13.00 s.d selesai |
5. | Nanik Mainarsih, S.Kom | Selasa s.d Jumat | 13.00 s.d selesai |
6. | Christina Wisanti, SE. S.Kom | Senin & Selasa Rabu & Kamis | 12.00 s.d 15.00 13.00 s.d 16.00 |
7. | Siswandono D., S.Kom | Selasa & Kamis | 13.00 s.d selesai |
Untuk Pembimbing yang tidak tercantum namanya diatas
silahkan Hubungi yang Bersangkutan
silahkan Hubungi yang Bersangkutan
Trik mudah mengerjakan KARYA TULIS
1. Persiapan Data-data pendukung dari Perusahaan dan berbagai Sumber:
1.1 Sejarah Perusahaan tempat Prakerin.
1.2 Struktur Organisasi Perusahaan.
1.3 Data pendukung dari Perusahaan.
1.4 Data yang berhubungan dengan Materi Produktif.
1.5 Pengumpulan Data Interview atas Sharing dengan Pembimbing.
1.6 Photocopy Surat Keterangan Selesai Prakerin
1.7 Photocopy Sertifikat Prakerin
1.8 Photocopy Trasnkrip Nilai Prakerin
1.9 Data pendukung lainnya; Buku, Makalah, Koran, Majalah, Internet dll.
2. Persiapan Teknis.
2.1 Kertas A4 untuk Print-Out.
2.2 Flash Disk untuk Back-Up Data Softcopy.
2.3 Tinta Refill pada Printer.
2.4 Dana taktis untuk keperluan Browsing pencarian kelengkapan Data
(tidak disarankan untuk Chating atau Facebook).
2.5 Dana taktis untuk Photocopy Karya Tulis 2 rangkap untuk Sidang Prakerin.
2.6 Dana taktis untuk Hard Cover Karya Tulis 3 rangkap.
= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = =
Adapun trik tambahan seputar penyusunan Karya Tulis, sbb:
1. Datang Bimbingan setelah konfirmasi dengan para Pembimbing
1.1 Sejarah Perusahaan tempat Prakerin.
1.2 Struktur Organisasi Perusahaan.
1.3 Data pendukung dari Perusahaan.
1.4 Data yang berhubungan dengan Materi Produktif.
1.5 Pengumpulan Data Interview atas Sharing dengan Pembimbing.
1.6 Photocopy Surat Keterangan Selesai Prakerin
1.7 Photocopy Sertifikat Prakerin
1.8 Photocopy Trasnkrip Nilai Prakerin
1.9 Data pendukung lainnya; Buku, Makalah, Koran, Majalah, Internet dll.
2. Persiapan Teknis.
2.1 Kertas A4 untuk Print-Out.
2.2 Flash Disk untuk Back-Up Data Softcopy.
2.3 Tinta Refill pada Printer.
2.4 Dana taktis untuk keperluan Browsing pencarian kelengkapan Data
(tidak disarankan untuk Chating atau Facebook).
2.5 Dana taktis untuk Photocopy Karya Tulis 2 rangkap untuk Sidang Prakerin.
2.6 Dana taktis untuk Hard Cover Karya Tulis 3 rangkap.
Perlu dipahami bahwasannya Dana atau Biaya keperluan tersebut, diluar Biaya Subsidi dari Biaya Prakerin yang telah dibayarkan Siswa sebesar Rp. 250.000,00. Keperluan tersebut hanya diperuntukan Pembiayaan yang berhubungan dengan Prakerin, Monitoring, Bimbingan dan Sidang Prakerin 2009/2010 serta Sertifikat dan Souvenir (Perusahaan).
= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = =
Adapun trik tambahan seputar penyusunan Karya Tulis, sbb:
1. Datang Bimbingan setelah konfirmasi dengan para Pembimbing
(bawa Buku Prakerin).
2. Mengikuti Draft/Acuan dari semua arahan Pembimbing dan Buku Petunjuk.
(biasanya mengenai pembagian Pra-BAB, BAB I s.d BAB V serta Paska BAB).
3. Minta Tanda Tangan setiap Pertemuan dengan Guru Pembimbing (di Buku Prakerin).
4. Mengetik seluruh Draft yang disepakati (Data Softcopy jangan hilang).
5. Printout seluruh Data tersebut pada Kertas ukuran A4 apasaja.
5. Perlihatkan Draft tersebut kepada Pembimbing, pada bimbingan selanjutnya.
6. Ikuti perintah Pembimbing apabila penulisan harus dikoreksi (mengenai Materi Produktif
atau Bahasa/Tekniknya).
7. Minta Tanda Tangan setiap Pertemuan dengan Guru Pembimbing (di Buku Prakerin).
8. Lakukan Revisi (penambahan/pengurangan materi dari Pembimbing), kemudian
Printout hasil Revisi tersebut (Data Softcopy jangan hilang).
9. Setelah Hasil Revisi disetujui dan diterima, Pembimbing akan menandatangani Buku
Prakerin (Lembar Bimbingan).
10. Apabila seluruh Draft Karya Tulis (Final/Bimbingan Akhir) telah Disetujui Pembimbing,
Pembimbing akan mendaftarkan Anda sebagai Peserta Sidang Prakerin.
11. Karya Tulis yang telah disetujui, di-photocopy 2 rangkap dan diserahkan kepada
Sie. Perlengkapan (Bpk. Ricky Haqiqi A., S.Ag), dan yang asli dibawa Siswa.
Penentuan Judul KARYA TULIS
1. Saat bimbingan ke Pembimbing Materi Produktif, silahkan Konsultasikan mengenai
Judul KARYA TULIS yang disesuaikan dengan pekerjaan yang dilakukan ditempat
Prakerin (Materi Produktif TKJ or MM or RPL).
Prakerin (Materi Produktif TKJ or MM or RPL).
2. Apabila perkerjaan ditempat Prakerin tidak sesuai dengan Kejuruan, hendaknya
Siswa meminta Tugas kepada Guru Pembimbing Materi Produktif yang akan disesuaikan
dengan Kejuruan masing-masing.
3. Penentuan Judul Karya Tulis disesuaikan dengan pekerjaan yang dilakukan ditempat
Prakerin, dikarenakan seluruh rentang pengerjaan pada BAB III dan BAB IV adalah
mengenai jenis pekerjaan kejuruan.
Siswa meminta Tugas kepada Guru Pembimbing Materi Produktif yang akan disesuaikan
dengan Kejuruan masing-masing.
3. Penentuan Judul Karya Tulis disesuaikan dengan pekerjaan yang dilakukan ditempat
Prakerin, dikarenakan seluruh rentang pengerjaan pada BAB III dan BAB IV adalah
mengenai jenis pekerjaan kejuruan.
Bimbingan pada KARYA TULIS
1. Pembimbing Bahasa/Teknis
1.1 Pra-BAB1.1.1 Cover
1.1.2 Halaman Judul
1.1.3 Halaman Profil
1.1.4 Halaman Pengesahan
1.1.5 Halaman Penguji
1.1.6 Halaman Persetujuan
1.1.7 Motto dan Persembahan
1.1.8 Kata Pengantar
1.1.9 Daftar Isi
1.1.10 Daftar Gambar
1.1.11 Daftar Tabel
1.1.12 Daftar Lampiran
1.1.13 Daftar Singkatan dan Lambang
1.2 BAB-BAB
1.2.1 BAB I Pendahuluan
1.2.2 BAB II Tinjauan Umum Perusahaan
1.2.3 BAB V Penutup
1.3 Paska-BAB
1.3.1 Daftar Pustaka
1.3.2 Riwayat Penulis
1.3.3 Lampiran-Lampiran
2. Pembimbing Materi Produktif
2.1 BAB III Landasan Teori 2.2 BAB IV (Praktikum)
2.2.1 Langkah Persiapan Kerja
2.2.2 Proses Pengerjaan
2.2.3 Hasil Kerja
2.2.4 Masalah yang dihadapi
2.2.5 Penanganan Masalah
2.3 Lampiran
2.3.1 Surat Keterangan Selesai Prakerin
2.3.2 Transkrip Nilai Prakerin
2.3.3 Sertifikat Prakerin
2.3.4 Struktur Organisasi Perusahaan (Organigram)
2.3.5 Lampiran lain
2.3.6 Lampiran lain
2.3.7 Lampiran lain
2.2.1 Langkah Persiapan Kerja
2.2.2 Proses Pengerjaan
2.2.3 Hasil Kerja
2.2.4 Masalah yang dihadapi
2.2.5 Penanganan Masalah
2.3 Lampiran
2.3.1 Surat Keterangan Selesai Prakerin
2.3.2 Transkrip Nilai Prakerin
2.3.3 Sertifikat Prakerin
2.3.4 Struktur Organisasi Perusahaan (Organigram)
2.3.5 Lampiran lain
2.3.6 Lampiran lain
2.3.7 Lampiran lain
Softcopy
Seluruh Softcopy Karya Tulis yang ada harap:
1. Kelompokkan setiap Judul File pada Folder tertentu.
2. Back-Up didalam Hard Disk (pada Komputer) dan USB Flash Disk.
3. Usahakan setiap Penyimpanan Data File Karya Tulis agar Up-Date terus pada
Hard Disk (pada Komputer) dan USB Flash Disk.
4. Up-Date Antivirus terbaru pada Komputer, lakukan Scanning Virus (bila ada yang
aneh atau terasa keanehan saat pengerjaan Karya Tulis).
5. Burning seluruh Data pada CD setelah dilakukan REVISI Akhir setelah Sidang
Prakerin (dikumpulkan di Kejuruan TKJ or MM or RPL).