gravatar

Mudahnya membuat Karya Tulis (he..he..he..)

Ternyata, membuat Karya Tulis itu  SANGAT MUDAH. Tidak terbayangkan ketika kita telah terbiasa menggunakan perangkat komputer dal am pekerjaan sehari-hari, tetapi menganggap bahwa pembuatan Karya Tulis sangat menyulitkan.

Terlebih lagi dengan adanya Program Prakerin yang dilaksanakan di Perusahaan atau Instansi dimana para Praktikan menggunakan Komputer dalam perkerjaan sehari-hari.

Khusus bagi Siswa-siswi yang memang menetapkan dirinya ber-sekolah di Bidang Studi Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi, khususnya pada Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Multi Media dan Rekayasa Perangkat Lunak. Mereka telah dibekali Bidang Studi KKPI atau yang dikenal dengan Keterampilan Komputer dan Pengolahan Informasi.

Sejak duduk dibangku Kelas X, para Siswa Prakerin (Kelas XI) telah diberikan materi pada Sub-Kompetensi KKPI. Dimana Siswa diajarkan bagaimana mengetik Surat dan konfigurasinya serta bagaimana bekerja dengan menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata (Ms. Word).

Pada sebagian Komputer dengan beberapa Operating System tertentu, ada beberapa perbedaan penggunaan pada perangkat lunak. Misalnya adanya yang menggunakan Ms. Office 2000, Ms. Office 2003, bahkan ada yang menggunakan Ms. Office 2007.

Pada dasarnya semua sama, yang berbeda hanya terbatas pada penggunaan dari fitur-fitur yang telah ada pada beberapa program yang ada.

Untuk membuat Karya Tulis tidaklah harus menggunakan program Ms. Office terbaru. Yang terpenting adalah kita sebagai pengguna atau User haru lebih dapat menguasai program tersebut.

Mungkin pada ulasan ini kita tidak menguraikan secara gamblang dan panjang kali lebar sama dengan luas (hehehehe....), yang terpenting adalah apabila kita telah menguasai Ms. Office (khususnya Ms. Word dan Ms. Excel), maka kita tidak akan kesulitan dalam pembuatan Karya Tulis.

Pada pembuatan Karya Tulis, para Siswa hanya mengikuti ketentuan yang telah diberikan oleh para Pembimbing Materi Produktif, Pembimbing Bahasa/Teknis dan semua yang tertuang di buku Pedoman Penulisan Karya Tulis.

Siswa yang telah mantap dan siap, hanya mempersiapkan beberapa komponen tertentu, diantaranya adalah:
1.   Membuat Draft.
2.   Menentukan Judul.
3.   Datang Bimbingan.
4.   Menyimpan Data Softcopy dengan baik.
5.   Ikuti aturan main yang telah ditentukan.
6.   Insya Allah berjalan baik (amieeeen...).

Untuk Trik Pembuatan Karya Tulis dan kelengkapan Administrasi dapat dilihat pada web ini dan keseluruhan pembahasan yang ada telah dikemukakan (meskipun belum sempurna).

Silahkan untuk menjadi Sukses dalam mengerjakan segala sesuatunya.... Amien...
Biiiiisssaaaaaa.....!!!!


untuk download Logo SMK Media Informatika (Vektor) silahkan diunduh [disini]

...ngobrol disini... (yang membangun seputar PRAKERIN)

Up-Date Informasi

Blog ini terus mengalami Perubahan Data dan Up-Date Informasi berkenaan dengan Prakerin 2009/2010, pada tiap hari berjalan...
Lanjutkeeeeeen....!!!!

Terima Kasih
kepada Siswa/Siswi yang telah Up-Date Informasi dan berbagi Informasi disini.

Terima Kasih juga kepada Rekan-Rekanita dari SMK Media Informatika dan SMK di seluruh Indonesia yang saling berbagi dan bergabung di Blog SMK Media Informatika [Follow].

Tetap semangat...

TipS pRakeRin...

Jangan mempersulit diri sendiri, apabila segala kemudahan telah diberikan kepadamu..